Selasa, 15 Maret 2016

Manfaat Kebahagiaan dalam Beraktifitas Meningkatkan Produktifitas Pekerja



Kawasan industri merupakan kawasan yang selain digunakan untuk melakukan aktifitas ekonomi dan industri. Sebagai tempat beraktivitas dan tempat yang memiliki kawasan untuk tinggal, kawasan industri juga harus mampu mensupport kehidupan orang-orang yang ada didalamnya sebagai satu kesatuan. Karena bagaimana juga kualitas produktivitas pekerja akan dipengaruhi oleh lingkungan dimana dia berada apakah dapat memberikan kenyamanan atau tidak. Salah satu variabel kebahagiaan adalah tersedianya fasilitas publik.
Berbagai teori yang berkaitan dengan sumber daya manusia menyatakan bahwa kebahagiaan akan memberikan dampak yang signifikan kepada perusahaan dan produktivitas itu sendiri.  kebahagiaan akan memberikan dampak kepada orang-orang yang ada di sekitarnya, berikut merupakan efek dari kebahagiaan untuk para pekerja:
  1. Kebahagiaan Meningkatkan Produktifitas
Hal ini diterapkan di negara besar seperti Swedia dimana perusahaan yang mampu menciptakan kondisi yang tepat sehingga meningkatkan kebahagiaan karyawannya ternyata dapat meningkatkan produktivitas. Jika produktivitas naik sudah pasti hal ini berimbas pada profit yang diterima oleh perusahaan.

  1. Orang bahagia mampu memecahkan masalah
Kebahagiaan yang diperoleh memberikan ketenangan dalam berpikir hal ini akan mempengaruhi keputusa-keputusan yang dibuat saat terjadi masalah. Semakin tenang seseorang dalam berpikir maka semakin mudah dirinya dalam memecahkan masalah dengan baik dan menghadapinya dengan lebih sedikit stress.

  1. Orang yang bahagia mampu mempengaruhi anggota tim
Energi positif akan mengalir akan mengalir dari orang-orang yang bahagia dan akan mempengaruhi anggota tim atau orang-orang yang lain yang diajak berinteraksi. Pembawaan positif yang ada dapat meningkatkan pengaruh yang diberikan oleh seseorang

  1. Pekerja yang bahagia dapat membuat pelanggan senang
Pekerja yang bahagia akan membawa energi positif dan akan melayani pelanggan dengan lebih tulus dan senang hati. Pelayanan yang berasal dari hati dan tulus akan memberikan kesenangan pada para pelanggan.

  1. Kebahagiaan melahirkan kreativitas
Orang yang bahagia akan lebih kreatif karena hidupnya lebih tenang dan dapat memikirkan hal-hal lain yang ada disekitarnya. Menurut dosen di Harvard Business School, Teresa Amabile, pegawai memiliki ide baru ketika mereka lebih bahagia. Dengan adanya kreatifitas lingkungan perusahaan akan lebih menyenangkan dan pemecahan masalah akan lebih mudah dilakukan.

  1. Orang yang bahagia lebih sehat
Secara mentalitas orang yang bahagia tentu dapat menghadapi stress atau tekanan dengan lebih baik. Penelitian dr. Edy Mustofa menunjukan bahwa jika seseorang terkena tekanan psikis yang ada akan menurunkan imunitas yang ada sehingga akan mempengaruhi kesehatan yang ada.

Fasilitas publik merupakan salah satu variabel yang dapat dijadikan faktor penentu kebahagiaan masyarakat. Sebagaimana halnya variabel lain, variabel ini digunakan oleh Ridwan Kamil sebagai walikota Bandung untuk menentukan kebahagiaan warganya. Ketersediaan fasilitas publik yang mumpuni diperlukan oleh masyarakat yang tinggal disuatu wilayah sehingga memberikan rasa kebahagiaan. Sehingga dalam proses berinvestasi aspek kebahagiaan karyawan perlu diperhatikan sehingga dampak positif dari perusahaan dapat diperoleh oleh perusahaan secara langsung.

Salah satu variabel kebahagiaan yang dapat dipenuhi oleh perusahaan adalah memilih tempat investasi yang memiliki fasilitas publik yang lengkap bagi karyawanya. Variabel fasilitas publik telah diakomodir oleh oleh Kawasan Industri Modern Cikande sebuah kawasan yang sudah memiliki fasilitas yang lengkap bagi orang-orang yang tinggal atau bekerja di kawasan tersebut. Selain fokus pada pemenuhan kebutuhan dan fasilitas penunjang investasi, Kawasan Industri Modern Cikande juga berupaya dengan serius memenuhi kebutuhan orang-orang yang tinggal di kawasan tersebut sehingga kebahagiaan orang-orang didalamnya dapat tercapai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar