Rabu, 30 Maret 2016

Alasan Kenapa Berinvestasi di Indonesia

Investasi-di-indonesia
Indonesia merupakan negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah karena memiliki iklim yang baik sebagai negara tropis dan mempunyai letak yang strategis di antara Samudra Pasifik dan Hindia. Kekayaan alam Indonesia yang sangat beragam dan berlimpah memberikan kesempatan yang tinggi bagi para investor di seluruh dunia untuk tidak melewatkan Indonesia sebagai negara untuk investasi. Beberapa saat yang lalu, Indonesia memperoleh prediket sebagai tempat terbaik untuk investasi ke 4 di seluruh dunia berdasarkan riset lembaga konsultan internasional, A.T Kerney dan PBB melalui United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD).
Ada beberapa alasan mengapa Indonesia tidak dapat dilewatkan sebagai tempat berinvestasi. BPKM (Badan Koordinasi Penanaman Modal) Republik Indonesa memaparkan beberapa alasan, diantaranya adalah:
  1. Perekonomian yang Sehat
Indonesia adalah pendorong pertumbuhan ekonomi Asia. Dengan PDB mencapai US$ 870 milyar di tahun 2014, Indonesia memiliki ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

  1. Stabilitas Politik
Stabilitas politik menjadi dasar dinamika kehidupan ekonomi di Indonesia. Sejak bangkit dari pemerintahan otokrasi 17 tahun yang lalu, Indonesia, yang baru saja berhasil menjalankan demokrasi.

  1. Iklim Berinvestasi
Seiring dengan ketahanan ekonomi Indonesia pada masa krisis keuangan global dan sesudahnya, pemerintah terus melakukan reformasi iklim investasi untuk menciptakan tujuan investasi yang aman dan menarik.

  1. Sumber Daya Alam
Indonesia sangat kaya akan sumber daya alam mulai dari menjadi produsen utama gas alam cair dan peningkatan industri pertambangan. Minyak bumi dan mineral merupakan komoditas utama ekspor.

  1. Demografi
Indonesia mengalami pergeseran struktur kependudukan yang dikenal dengan istilah ‘bonus demografi’ dimana jumlah kelompok kerja produktif di tahun 2025-2035 akan mendominasi.

  1. Pasar Domestik
Sebagai negara dengan populasi penduduk ke-4 terbesar di dunia, lebih dari 53% penduduk Indonesia hidup di daerah perkotaan dengan gaya hidup modern dan kemampuan daya beli masyarakat yang meningkat.

  1. Pasar Global
Indonesia memainkan peran yang lebih dominan dalam isu-isu global. Sebagai satu-satunya negara anggota G-20 dari Asia Tenggara, Indonesia aktif menyuarakan kepentingan negara-negara berkembang.

Disamping semua alasan yang telah disebutkan diatas, Indonesia juga saat ini sedang aktif dalam pembangunan infrastruktur pendukung kegiatan perindustrian dan mempermudah perizinan serta kesempatan investasi asing untuk masuk. Pemerintah Indonesia pada periode ini juga memiliki program untuk mengembangkan kawasan industri hingga timur Indonesia dan pembangunan infrastruktur pendukungnya. Kawasan industri yang telah ada seperti; Kawasan Industri Modern Cikande pun juga akan dipengaruhi kebijakan ini, akses gerbang tol Cikande akan dibuka sehingga memperlancar kegiatan bisnis pelaku industri dan investor. Kedepannya pemerintah Indonesia memiliki rencana jangka panjang untuk mempermudah dan mengembangkan iklim investasi di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar